10 Basist yang Sekaligus Penyanyi

Bermain gitar sambil bernyanyi hal yang sudah lumrah dalam format sebuah band ataupun solo, namun hanya beberapa band dan musisi yang sukses dengan memiliki vokalis sekaligus pemain bass. Bass merupakan istrumen musik yang sangat berperan dalam sebuah komposisi dan struktur lagu, sehingga ketika menyanyi sembari memainkannya adalah hal yang unik dan luar biasa. Berikut adalah 10 basis sekaligus penyanyi yang popular:

1. Sting
http://www.visitrenotahoe.com/images/calendar/14_sting.jpg

Sting sebagai seorang selebritas memiliki bakat musik yang luar biasa di bidang musik. Selain jago bermain bass,  ia mampu menyanyi merdu dengan suaranya yang khas. Lebih menyukai bermain secara minimalis, suatu kali Sting mengatakan bahwa sebuah akord tidak memiliki dinamika sebelum “seorang pemain bass memasukan sebuah notasi di dalamnya.” Ia menyebutkan bahwa musik motown, album rekaman Stax dan Paul McCartney adalah sebuah inspirasi utama baginya. “ketika masih kanak-kanak,  aku memutar album piringan hitam the Beatles  pada kecepatan 45 rpm, sehingga aku dapat mendengarkan alunan bass lebih baik,” ia pun pernah mengatakan bahwa Paul McCartney adalah maestro bass.


2. Benjamin Orr
https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSXrne8JsI-QdzMm1rX9IpW0NJ1LNV9MgwBx_8HtknauQEuNebwqw

Sebagai pemain bass dan vokalis dari band yang mempunyai hits seperti “Just What I Needed, “Let’s Go” dan “Drive”, Benjamin Orr memberikan karakter New Wave dengan sentuhan pop yang kental pada The Cars. Tentu saja sangat tidak bisa dibayangkan Ric Ocasek yang mempunyai warna vokal yang kental dengan jenis musiknya, dapat berhasil memberikan warna yang kental pada lagu Drive. Kecintaaan para penggemarnya kembali membludak pada saat mereka mengenang Benjamin Orr yang meninggal karena kanker pankreas di umur 53, membuktikan bahwa Benjamin meninggalkan banyak kesan dan pengaruh musik pada penggemar dan rekan bandnya.


3.Troy Sanders
http://www.metal-archives.com/images/8/1/8/2/8182_artist.jpg?5945

Lebih dari satu dekade dalam karir mereka, Mastodon sekarang dianggap sebagai salah satu band metal terkemuka di Amerika. Sebagian besar kekuatan kelompok tersebut berasal dari penyanyi-bassis Troy Sanders, ia memiliki teknik dan kualitas vokal mulai dari suara lembut hingga keras dan kasar. Cliff Burton (eks. Metallica), Gene Simmons (Kiss) dan Phill Lynot (Thin Lizzy), adalah para pemain bass yang mempengaruhinya.


4. Kim Gordon
http://www.exposay.com/celebrity-photos/kim-gordon-2010-american-arts-national-arts-sM5C2q.jpg

Interaksi gitar ganda Thurston Moore dan Lee Ranaldo adalah sebuah pusat perhatian, tapi sosok bassis sekaligus vokal Kim Gordon sangat krusial bagi pembentukan karakter Sonic Youth. Sering menggunakan Gibson Thunderbird atau EB-3, Gordon mengakui bahwa bermain bass dan bernyanyi pada saat yang sama bisa menjadi suatu tantangan. “Kecuali Anda bernyanyi sesuatu yang semacam seirama dengan bass, melodi, hanya saja sulit,” katanya kepada Popmatters.com pada tahun 2006. Dengan tertawa, ia kemudian menambahkan, “Saya pikir … bermain bass di punkrock dengan pilihan itu tidak dimaksudkan untuk dilakukan selama 25 tahun. “


5. Phil Lynott
http://1.bp.blogspot.com/-cTvGHK6OGqQ/TV3BEZ1NSVI/AAAAAAAAEP8/81i3YCfaMvg/s320/Phil_Lynott_singing.jpg

Sebagai kekuatan kreatif di balik Thin Lizzy, Phil Lynott bernyanyi, bermain bass dan menulis, adalah kombinasi bakat yang terdapat di dalam hit klasik seperti “Jailbreak” dan “The boys are Back in Town.” Seorang pemimpin kharismatik, Lynott memberikan suara kepada sentimen kelas pekerja dengan cara yang mirip dengan Bruce Springsteen dan Lynott pahlawan sastra Irlandia. Kematiannya pada usia 36, ​​adalah kerugian serius bagi rock and roll.

6. Paul McCartney
http://24.media.tumblr.com/0b79c353baafb17256d9e731e1403988/tumblr_mffank1Bcm1s10mbzo1_500.jpg
Sosok musisi seperti Paul McCartney sudah tidak diragukan lagi kemampuan bermain bass dan kemampuan dengan suaranya yang khas, ia pun dikenal dengan kemampuan multi-instrumen. Mantan anggota kelompok the Beatles  ini mampu bermain bass sebagus kemampuan vokalnya, dan bukan permainan bass biasa, dengan tangan kidalnya jemarinya menari di atas fret merangkai sebuah melodi.
McCartney tercatat sebagai musisi dan pencipta lagu tersukses sepanjang masa dengan 60 platinum dan penjualan singel 100 juta. Lagu ‘Yesterday’ yang ditulisnya pada tahun 1964 menjadi lagu yang paling sering dinyanyikan kembali dan diputar di radio Amerika Serikat. (wikipedia)

7. Jack Bruce
http://online.wsj.com/media/jackbruce_DV_20091122180158.jpg
Jack Bruce memulai dan mengakhiri karirnya bersama kelompok the Cream, kemampuannya bermain bass sekaligus menjadi seorang vokalis luar biasa dan tidak diragukan lagi. Beberapa lagu yang sukses ia nyanyikan bersama Cream seperti “White Room”, “I Feel Free” dan “Sunshine of Your Love”, menjadi sebuah repertoar yang melegenda di kancah musik Blues dan Rock. Kehadiran Jack dikatakan menjadi inspirasi bagi musisi lainnya seperti Geddy Lee dan Sting.

8. Geddy Lee
Dari kelompok musik Iron Maiden (Steve Harris) hingga Primus (Les Claypool), dapat dihitung pemain bass yang terinspirasi oleh seorang Geddy Lee mulai dari gaya permainan hingga teknik. Lebih jauh lagi, ciri khas vokal Lee (tenor) menjadikan ciri khas Rush sebagai kelompok musik sehingga mudah dikenal. walaupun sebelumnya ia memainkan bass dengan cepat dan teknik yang rumit, sekarang ia lebih memperhatikan sebuah struktur lagu dan melodi, seperti yang dikatannya kepada Globalbass.com.

9. Roger Waters
Roger Waters picture
Walaupun ada perdebatan di antara fans setia Pink Floyd, siapa di antara Waters dan Gilmour yang sangat berpengaruh terhadap kehebatan Pink Floyd, sebelum itu terjadi terlebih dahulu sang motor utama pergi meninggalkan, Syd Barret. Namun permainan bass Waters serta karakter vokalnya sangat menyatu ke dalam karakter dan sound yang dimiliki oleh Pink Floyd, seperti dalam lagu “Money” dan “Us and Them”.

10. Lemmy Kilmister
Lemmy Kilmister - Tattoo Artist Mario Barth Introduces "Mario Barth at the Mirage and King Ink" Opening - Arrivals
Lemmy, sosok pemain bass sekaligus penyanyi yang memiliki karakter suara, dan ditambah pula dengan gaya penampilannya yang khas.  Ia bersama Motorhead, sebuah kelompok musik yang meramu beberapa jenis musik, Thrah-metal dan Punkrock.  Bass kesayangannya adalah Gibson, bahkan Dave Grohl pernah mengatakan bahwa, “Lemmy adalah seorang raja rock n’ roll…”